Welcome To

Welcome To
Ada kesalahan di dalam gadget ini
Extjs merupakan kependekan dari exsternal javascript. Extjs adalah framework javascript yang mempuyai library untuk tampilan atau mook-up yang mendukung AJAX (Asycronous Javascript). Extjs ini merupakan suatu hal yang cukup baru dan baru sedikit yang mengetahui tentang framework ini. padahal fitur-fitur dalam Extjs ini sangat banyak dan sangat bervariasi. dengan framework ini juga, dapat memungkinkan kita membuat suatu aplikasi berbasis web namun mempunyai tampilan desktop.

seperti yang kita ketahui, sekarang hampir semua aplikasi berbasis web atau webbase. karena aplikasi webbase tidak sulit dalam instalasinya. cukup disimpan di server dan semua orang dapat mengaksesnya. namun, beberapa kalangan tidak suka dengan tampilan dari aplikasi berbasis web-karena dinilai tidak familiar terutama untuk kalangan awam. nah, Extjs ini merupakan solusi untuk masalah tersebut!!...dengan Extjs ini, kita bisa membuat suatu aplikasi berbasisi web, namun dengan tampilan desktop!..

selain memiliki beberapa keunggulan, ternyata Extjs ini merupakan Framework yang tidak berbayar atau Free apabila digunakan untuk dipakai untuk sendiri atau untuk perusahaan tempat bekerja!!.namun, apabila kita akan mengkomersilkan aplikasi yang dibuat dengan Extjs, maka kita harus membeli lisensinya. dari kabar yang saya dengar untuk membeli lisensi tersebut tidak terlalu mahal juga. setidaknya masih terjangkau. Extjs ini juga bisa digunakan dengan PHP dan Java. dan sycronisasinya menggunakan JSON (akan dibahas diartikel selanjutnya). sehingga dalam konsep MVC, Extjs ini merupakan View nya.

Dalam Extjs itu sendiri ada example dan tutorialnya. sehingga untuk memahaminya tidaklah sulit dan untuk menjalankan fitur tersebut. simpan Extjs di localserver. biasanya menggunakan XAMPP. berikut cara2 nya:

1. Instal XAMPP (versi berapapun bisa mendukung)
2. setelah instalasi berhasil, extraxt file extjs yang sudah didownload ke folder "htdoc" dalam XAMPP kemudian rename menjadi "extjs"
3. akses melalui browser anda yaitu memasukan alamat http://localhost/extjs/index.html
4. maka akan menampilkan home dari EXTJS tersebut.

penasaran ingin mencoba menggunakan Extjs?...silahkan download langsung Extjs!.linknya ada di akhir dari artikel ini. Selamat Mencoba!!


Link Donwload XAMPP

5 komentar:

Anonim mengatakan...

bermanfaat sekali
kebetulan saya dikasih kerjaan bikin website
terima kasih >.<

Faizal Ahmad Sidik mengatakan...

sama-sama.kebetulan saya juga menemukan ini pada saat ada kerjaan membuat web. mudah ko menggunakannya. ada example dan tutorialnya juga. semoga pekerjaannya sukses :-)

yusrandante mengatakan...

berkunjung gan...

saya sementara mencari artikel tentang extjs gan, n nemu blog agan..

thanks infonya

BJuser mengatakan...

Mantaaap, saya mau coba ya, terima kasih

ichwan blog mengatakan...

thank u gan,,,sangat membantu sekali

Posting Komentar

share

About